Contoh sajak bahasa sunda 2

Dosa Kuring

Duh Gusti sim kuring teh loba dosa..
Loba dosa ka indung bapa..
Hampura duh Gusti hampura..
Lamun kuring loba dosa..

Indung nu geus ngasuh ti leuleutik..
Bapa nu geus ngadidik nepi ka gede..
Sim kuring malah mere aib..
Aib nu teu bisa di leungit keun..

Duh Gusti kumaha cara na di hampura..
Di hampura ku indung bapa..
Duh Gusti kuring menta hampura..
Menta hampura ka indung bapa..

K.Will Love Blosssom ( Video )

ibaneseo baram masi dalkomhan achim
saehayan iburwiro danneun haessari joha
seolleneun jeonhwabelsori, geudaeingayo
seoltang han seupun damgin sori hello, hello

bomi wa, i geori wie
bomi wa, naui gaseumsoge
wae iri na deultteuna molla oh

papkon gateun kkochipi jeo nopi narayo
saranghanda malhamyeon nan jeongmal nogayo
oneul gateun barami bulmyeon haru jongil michigesseo
geudaega areunareun georyeoseo

hyanggiroun bom barami napulgeorigo
du bore anjeun haessalmajeo wanbyeokhangeollyo
saehayake chumeul chuneun kkochipeul bomyeo
geudaewa duri geotda bomyeon uh-huh ah-ha

bomi wa, i geori wie
bomi wa, uri dul saie
seolleimi pieo ollayo, oh

papkon gateun kkochipi jeo nopi narayo
saranghanda malhamyeon nan jeongmal nogayo
oneul gateun barami bulmyeon haru jongil michigesseo
geudaega areunareun georyeoseo

kkumeseo bwatdeon georiga yeogiingayo
geudaewa naranhi geotneun modeun gosi areumdawo
nan itjanhayo geudaereul bol ttaemada nolla
deo areumdaul su eomneun geudaeyeo

ttasaroun bombiche sarangi nogayo
sallangdaeneun barame sarangi bureoyo
oneul gateun barami bulmyeon jeil meonjeo tteoollayo
geudaeman geudaeman geudaeman

papkon gateun kkochipi jeo nopi narayo
saranghanda malhamyeon nan jeongmal nogayo
oneul gateun barami bulmyeon haru jongil michigesseo
geudaega areunareun georyeoseo

geudaega naui bomijyo

Translation

The taste of the wind in my mouth is sweet this morning
I like the sunshine that touches my white bed sheets
I hear the heart fluttering sound of the phone ringing – is it you?
Your voice is like a spoon full of sugar – hello hello

Spring has come to this street
Spring has come in my heart
I don’t know why I’m so excited oh

* The popcorn-like flower petals are flying up high
When you tell me that you love me, I really melt
When the wind blows like it does today, I go crazy all day
Because you keep flickering before my eyes

The fragrant spring wind is fluttering around
Even the sunlight on my cheeks is perfect
As I look at the dancing white flower petals
I walk together with you, uh huh ah ha

Spring has come to this street
Spring has come between us
Fluttering excitement is blooming, oh

* Repeat

Is this the street that I saw in my dreams?
Any place that I walk with you is beautiful
You know, every time I see you, I am amazed
You can’t be more beautiful

Our love is melting with the warm spring light
Love is blowing with the swaying wind
When the wind blows like it does today, the first thing I think about
Is only you, only you, only you

* Repeat

You are my spring

Flu Bisa Sembuh Tanpa Obat

flu

Siapa diantara anda yang pernah kena sakit FLU ? jika ditanya demikian sepertinya semua orang akan menjawab “Pernah” karena memang jenis penyakit ini umum diderita oleh kita terutama disaat musim pancaroba datang. Namun anda tak perlu terlalu kuatir pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit mengupas serba-serbi mengenai Influenza agar kita lebih waspada akan datangnya penyakit ini dimasa mendatang.

Penyakit flu itu digolongkan ke dalam jenis penyakit saluran pernafasan, penyebabnya adalah Virus yang bernama Influenza. Penyebarannya pun sangatlah cepat bisa lewat udara, sentuhan langsung (berbagi alat makan, minum, sapu tangan) atau saat melakukan kontak langsung dengan orang lain yang kebetulan sedang menderita sakit flu.

Saat tubuh terkena infeksi virus influenza gejala yang dirasakan biasanya akan muncul setelah 2-3 hari virus tersebut menyerang, bisa lebih cepat jika tubuh sedang dalam kondisi tidak Fit. Gejala yang seringkali muncul adalah batuk, demam, hidung mampet, nyeri disekujur tubuh, bersin-bersin, mudah lelah dan juga sakit pada tenggorokan.

Sakit Flu sebenarnya tidak memerlukan pengobatan khusus, karena disebabkan oleh virus maka jika kekebalan tubuh sudah membaik sebenarnya Virus ini dapat hilang dan sakit akan sembuh dengan sendirinya. Sedangkan pengobatan lebih di fokuskan hanya untuk mengurangi gejala rasa sakit yang ditimbulkan oleh virus Influenza itu sendiri.

Pengobatan secara Simptomatis (berdasarkan keluhan dan gejala) yang bisa dilakukan saat flu sebenarnya sangat mudah, langkah yang bisa anda lakukan diantaranya sebagai berikut:

1. Istirahat yang cukup
2. Perbanyak asupan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi
3. Perbanyak asupan buah dan sayuran terutama yang mengandung vitamin C

Cara diatas cukup membantu saat anda terserang flu ringan, namun jika dirasa kondisi flu anda cukup berat, obat-obatan bisa anda gunakan untuk membantu mengurangi keluhan-keluhan yang membuat anda merasa sangat tidak nyaman. Obat-obata yang bisa anda ambil adala sebagai berikut :

1. Jika ada rasa demam, nyeri pada persendian, otot dan tulang berikanlah obat anti nyeri dan anti panas (analagetik/anti piretik).
2. Jika hidung meler dan tersumbat berikanlah (dekongestan) sebagai pelega nafas
3. Jika bersin, hidung gatal, sakit tenggorokan berikan (anti alergi/anti histamin) untuk mengatasinya.
4. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda juga bisa bantu dengan konsumsi suplemen berupa Vitamin. C atau suplemen imunnomodulator yang lain.
5. Pada sakit flu Antibiotik tidaklah diperlukan! Kecuali jika ditemukan tanda infeksi sekunder akibat bakteri yang biasanya ditandai dengan perubahan warna lendir hidung dari jernih menjadi kuning atau kehijauan, suara menjadi serak dan nyeri menelan.

Selain cara-cara pengobatan diatas usaha pencegahan juga perlu anda ketahui dan jalankan agar kedepan berbagai penyakit tidak mudah datang menyerang. Langkah mudah yang dapat kita ambil untuk mencegah datangnya sakit flu antara lain :

1. Rajin mencuci tangan terutama saat makan atau setelah berjabat tangan.
2. Jauhkan tangan anda dari hidung agar kuman penyakit tak mudah masuk
3. Istirahat yang cukup
4. Olahraga yang teratur
5. Konsumsi makanan sehat dan bergizi
6. Jika diperlukan Vaksin Flu bisa membantu mencegah penyakit ini
7. Hindari / batasi kontak langsung dengan penderita Influenza
8. Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan
9. Biarkan sinar matahari masuk kedalam rumah / tempat anda beraktivitas
10. Hindari stress dan hiduplah lebih bahagia

Demikian sedikit informasi yang bisa saya berikan seputar influenza. Semoga dapat sedikit membantu anda yang barangkali sekarang sedang mendapatkan gejala penyakit ini. Akhir kata bagi anda yang sedang sakit semoga lekas sembuh, bagi anda yang sehat jaga kesehatan anda dengan baik, karena mencegah akan jauh lebih baik dari pada mengobati.

Bahaya nya Mengguncang-guncang Bayi

kesehatan

Jangan Goyang-Goyangkan Bayi Anda!

Ternyata Mengguncang Bayi Berbahaya [Sindrom Kematian Mendadak]

Tahukah Anda, beberapa tahun silam, ahli kedokteran mengidentifikasi satu jenis penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindrom Kematian Mendadak” –> Salah satu pemicunya ini adalah guncangan pada tubuh bayi.

Pernah melihat orangtua yang melempar-lemparkan bayinya ke udara lalu menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa? Atau mengguncang-guncang bahunya keras sambil berekspresi lucu?

Jika Anda melakukan demikian, maka berhentilah segera. Dan jika melihat orang lain berbuat begitu pada bayi mereka, cegahlah, karena sangat berbahaya.

Selain itu, rata-rata sekitar 100 bayi di Jerman setiap tahun mengalami kerusakan parah di otak karena mereka diguncang-guncang pengasuhnya, yang hampir di semua kasus, “terlalu terbebani”.

Laporan mengenai angka tersebut berdasarkan sensus dari unit penyakit langka anak-anak di Jerman. Asosiasi Dokter Anak di Jerman memperkirakan angka bayi yang mengalami trauma akibat diguncang-guncang, sebenarnya lebih tinggi lagi.

“ Guncangan keras selama lima detik saja sudah cukup untuk merusak fungsi-fungsi otak,” kata profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota dewan direktur asosiasi tersebut.”

Mengapa guncangan pada bayi bisa bermuara pada kematian?

Menurut ahli kedokteran tadi, ini dikarenakan bayi yang masih sangat muda belum bisa menahan kepalanya sendiri lantaran otot lehernya yang lemah. Akibatnya, jika bayi terguncang badannya, kepalanya akan bergoyang ke depan dan belakang.

Goyangan ini yang mengakibatkan kerusakan otak serta pendarahan di dalam otak dan pada permukaan otak, sehingga dapat menimbulkan masalah serius pada otak sang bayi, dan dapat mengakibatkan masalah yang berlangsung permanen, seperti :

1.Kerusakan otak
2.Cerebral palsy
3.Kebutaan
4.Epilepsi
5.Kesulitan berbicara
6.Kesulitan belajar
7.Kesulitan koordinasi
8.Serangan jantung
9.Keterbelakangan mental

Berikut adalah TIPS untuk Mencegah:

1.JANGAN PERNAH MENGGUNCANG BAYI di bawah umur 3 tahun, dengan alasan apapun juga.

2.Saat Anda menggendong bayi anda, JANGAN LUPA UNTUK SELALU MENYANGGA KEPALA bayi Anda dengan tangan.

3.Beritahukan pentingnya melindungi kepala bayi Anda KEPADA BABY SITTER atau pengasuh bayi anda.

4.PASTIKAN semua orang yang dekat dan sering menggendong bayi anda tahu benar bahayanya seorang bayi jika diguncang-guncang atau digoyang.

5.Jika dengan sengaja/tidak sengaja, anda mengguncang-guncang bayi anda, SEGERA BAWA BAYI ANDA KE DOKTER untuk diperiksakan. Pendarahan di dalam otak hanya dapat diobati jika anda segera memberitahukan kepada dokter bahwa anda baru saja mengguncang bayi anda. Cara ini akan menyelamatkan.

Pada beberapa orang anak bahkan dapat menimbulkan kematian. Ini dikenal dengan shaken-baby-syndrome. Kenapa berbahaya?

1. Bayi memiliki kepala lebih besar dibandingkan dengan anggota tubuh yang lain, dan otot lehernya masih lemah. Jika diguncang, kepalanya akan tersentak ke depan dan ke belakang.

2. Sentakan-sentakan itu akan mengguncang otak dan merusaknya.

3.Pembuluh darah kecilnya akan ikut rusak, menimbulkan pendarahan di otak dan sekitarnya, dan juga di mata bayi.

Resiko terbesar adalah pada bayi dibawah satu tahun, tapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi di usia yang lebih besar. Yang harus diwaspadai adalah guncangan-guncangan ini dapat terjadi justru ketika kita asyik bermain dengan sang bayi.

Karenanya ada beberapa permainan dan aktivitas yang harus dihindari untuk mencegahnya, antara lain :

1. Melempar bayi ke udara.

2.Lari-lari sambil membawa bayi di punggung atau di kepala.

3.Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki dan digoyang-goyang).

4.Memutar bayi.

Jangan lupa mengingatkan orang-orang di sekitar sang bayi, seperti saudara-saudaranya, pengasuhnya, kakek-neneknya, untuk tidak mengguncang bayi.

Semoga Bermanfaat… Bantu share ya…

B1A4 Beautiful Target

 

Lyric Beautiful Target B1A4

(Jinyoung) Sumi meocheul geotman gatta sarangi un geotman gattaMoreu gesseo moreu gesseo moreu gesseo(Baro) Drop itOh my beautiful target, you zoom zoom heart like a rocketOh my beautiful target, you zoom zoom heart like a rocketI like it like it like it x3
(CNU)Nae mameun boom boom boom boom neottaeme soom soom soom soomeulMotswieo nan seul seul seul seuljak dagaga neoege ppajyeobeoryeosseoNae style jeokhabhae nan nege banhaeseo heowujeokdaeNeowa hamkeramyeon eonjena naSeoul New York Roma ppeuraha!Oh my beautiful target, you zoom zoom heart like a rocketOh my beautiful target, you zoom zoom heart like a rocketI like it like it like it x3
(Sandeul) Oh my beautiful target, you zoom zoom my heart like a rocketNaetteugeoon simjangi geudaereul gidaeryeoyo(JinYoung) Micheobeoril geotman neogabeoril geot man gataNeo ttaemune neottaemune neottaemune
Oh oh I’m up & high, nae nune ddwie eosseo neon nae style yeahDeo isangeun ppeoge motjido ma nal norijima ma na eoddeokhanaMareunchimi goyeo onda yeahMy target is you naraga huI’m like a Robin Hood, what you gonna make me doOh yes, sir! Gotta shoot!Oh my beautiful target, you zoom zoom my heart like a rocketNae tteugeoun shimjang geudaereul gidaeryeoyoOh my beautiful lady nan neoman boyeo na eoddeokhaeNae deugeoun sarangeul geudaeyo badajwoyoOh my beautiful target, you zoom zoom heart like a rocketOh my beautiful target, you zoom zoom heart like a rocketI like it like it like it x3
Come into nae mamdat ggeom I’d Password neoui luvNae mameul kkok damaseo I love you like a love songI like it like it like it x3
Come into nae mamdat ggeom I’d Password neoui luvNae mameul kkok damaseo I love you like a love songI like it like it like it x3

◦*◦♥*◦ 10 Fakta Tentang Cewek ◦*◦♥*◦

1. Cewek suka dipeluk. Ini bener
banget nih. Hampir 95 persen
cewek di dunia
ini seneng dipeluk. Lagi seneng,
maupun susah. Kata mereka,
tempat teraman
di dunia ini adalah dalampelukan
cowok. Nggak percaya? cobain
aja. Asal jangan keterusan.

2. Cewek nggak suka cowoknya
punya sahabat cewek. Pada
dasarnya cewek
tuh cemburuan. Kalo dia ngijinin
kita punya sahabat cewek, cuma
ada dua
kemungkinan. Pertama, dia
sayang banget sama kita dan
mengorbankan
hatinya yang teriris-iris setiap kali
kita jalan sama sahabat cewek.
Kedua, dia
juga punya sahabat cowok, yang
statusnya bisa jadi lebih dari
sahabat! Eng ing eeeng.

3. Cewek nggak suka diuji
kesetiaannya. Kegantengan
banget sih lo, berani-
beraniny a ngetes kesetiaan
cewek? Hehehe! Hati-hati ah,
cewek itu terdiri dari
belahan jiwa yang sangat sensitif.
Kayak ulet bulu. Kalo doi mau
mengujikesetiaa­­ n kita sih sah-sah
aja buat dia. Tapi kalo kita yang
coba-
coba nguji dia, wuih dia bakal
merasa dilecehkan. Ujung-
ujungnya, diputusin deh.

4. Cewek suka cowok yang
bertanggung jawab.

5. Bila seorang cewek bilang dia
baik-baik saja setelah kamu
menyakitinya dia bohong.

6. Mantan pacarnya akan selalu
ada di pikirannya tetapi lelaki
yang dicintainya
sekarang akan berada di tempat
teristimewa di hatinya.

7. Wanita mudah jatuh hati pada
lelaki yang perhatian padanya
dan baik terhadapnya.

8. Setelah sorang gadis jatuh
cinta, dia akan sering bertanya-
tanya mengapa
aku tak bertemu lelaki ini lebih
awal.

9. Jika seorang cewek memberi
seribu satu alasan setiap kali
kamu ajak
keluar, tinggalkan dia karena dia
memang tak berminat denganmu.

10. Saat dia bilang dia tidak
peduli,kadang dialah orang yang
paling peduli padamu saat itu.